
Tahun ini Pemerintah kabupaten Kotawaringin Barat mengusulkan RSU Sultan Imanuddin sebagai Unit Pelayanan Publik yang akan dinilai sebagai calon penerima Penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima tahun 2010. Piala Citra Pelayanan Prima adalah suatu penghargaan yang diberikan oleh pemerintah terhadap unit pelayanan publik yang berprestasi secara nasional. Untuk mendapatkan penghargaan tersebut suatu unit pelayanan publik harus memiliki kinerja yang baik dan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Suatu pelayanan publik yang prima adalah pelayanan yang berasaskan kepentingan umum, kepastian dasar hukum, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban, profesionalisme, partisipatif, tidak diskriminatif, keterbukaan, akuntabel, tepat waktu, cepat, mudah dan terjangkau. Demikian disampaikan Bupati Kobar dalam sambutannya tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Kobar Drs. H. Sukirman, M.Si. pada Acara Presentasi Direktur RSU Sultan Imanuddin di hadapan Tim Penilai Pusat dalam rangka penilaian Unit Pelayanan Publik Calon Penerima Penghargaan Citra Pelayanan Prima Tahun 2010, di Aula Kantor Bupati Kobar, Rabu 30 Juni 2010.
Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam penyelenggaraan Unit Pelayanan Prima (UPP) harus menerapkan 7 kriteria pelayanan yaitu pertama kesederhanaan pada tata cara pelayanan; reliabilitas dalam artian harus konsisten dan menjaga saling ketergantungan antara pelanggan dengan pelayan; dalam memberikan pelayanan harus bertanggung jawab, cakap, ramah, jujur dan terbuka; adanya kejelasan dan kepastian mengenai tata cara pelayanan, rincian biaya, cara pembayaran dan jadwal penyelesaian pelayanan; keamanan kepada setiap pelanggan; efisien dalam penetapan persyaratan pelayanan; dan ekonomis dalam arti bahwa biaya pelayanan harus ditetapkan secara wajar dengan memperhatikan nilai barang/ jasa dan kemampuan pelanggan untuk membayar.
Ketua Tim Penilai Unit Pelayanan Publik, Irawan dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa bahwa Tim Penilai akan melakukan penilaian terhadap pelayanan publik yang telah diberikan dengan cara mereview dokumen yang berkaitan, wawancara terhadap petugas dan melakukan pengamatan terhadap lingkungan di sekitar RSU Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Jika hasil penilaian ini nantinya baik maka RSU Sultan Imanuddin berhak mendapatkan Penghargaan Citra Pelayanan Publik, dan diharapkan jika sudah mendapatkan penghargaan ini di tahun depan dapat mempertahankannya sehingga dapat menjadi contoh bagi rumah sakit-rumah sakit di sekitarnya.
Sedangkan Direktur RSU Sultan Imanuddin dr. Suyuti Syamsul, MPPM secara garis besar memberikan gambaran bahwa pelayanan di RSU Sultan Imanuddin dari tahun ketahun mengalami peningkatan yang sangat menggembirakan. Hal ini terlihat dari hasil survey terhadap kepuasan pelayanan pasien yang telah dilakukan dimana indek ketidakpuasan berada pada posisi 0%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar