Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Kamis, 22 Juli 2010

Diskanla Lakukan Pemetaan Snorkeling

Kotawaringin Barat
Rabu, 21 Juli 2010 00:40
AKHIRNYA Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai melakukan pengembangan potensi wisata snorkeling atau selam permukaan.
Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kobar mulai melakukan pemetaan lokasi snorkeling di Gosong Senggora, Kecamatan Kumai. Selama ini pulau kecil itu menyimpan potensi wisata yang belum banyak diketahui wisatawan.
"Sekarang masih dalam tahap pemetaan menentukan lokasi sandar kapal pengantar tamu hingga kursi santai di area pantai," papar Kepala Dinas Diskanla Kobar Chairil Anwar, kemarin.
Dalam perencanaan, lanjut Chairil, sedikitnya nanti dibutuhkan empat buah kapal dengan lantai kaca, peralatan selam dangkal, serta petugas yang menguasai snorkeling.
Senggora, lanjut Chairil, memiliki air jernih dengan arus tenang. Selain itu pasirnya pun putih dan memiliki kemiripan dengan Pantai Kuta, Bali.
"Jadi memang sangat berpotensi dikembangkan sebagai objek wisata di Kobar. Tapi untuk merealisasikan butuh waktu. Pasalnya membutuhkan biaya cukup besar dan kesiapan matang dari pemerintah kabupaten," ujarnya.
Itulah sebabnya, Chairil berharap Pemkab Kobar bisa memberi dukungan penuh untuk mengembangkan potensi Senggora. "Semua kami kembalikan pada pemkab. Kami hanya ingin memaksimalkan beberapa aset yang memiliki nilai wisata tinggi," tukas dia.
Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kobar I Nengah Parsa, mengatakan sangat mendukung program yang digulirkan Diskanla. "Kami sangat mendukung program tersebut. Kami juga sudah menyiapkan beberapa konsep yang akan diaplikasi di Senggora," katanya.
Salah satu persiapan yang kini tengah difokuskan ialah menghidupkan kembali tarian-tarian adat Khas Kobar.
"Kami sudah melakukan koordinasi dengan beberapa sanggar tari yang ada di Kobar. Kami juga melibatkan pelajar Kobar untuk menghidupkan budaya dengan konteks pariwisata," tutur I Nengah Parsa.
Dia menambahkan, tarian tersebut nantinya berfungsi untuk menyambut wisatawan yang mendarat di Bandar Udara Iskandar.

Sumber : http://borneonews.co.id/news/kobar/12-kobar/3485-diskanla-lakukan-pemetaan-snorkeling.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar