Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Kamis, 22 Juli 2010


Harga Sembako Melambung Tinggi

Harga kebutuhan Sembilan bahan pokok (sembako) di Kabupaten Kobar melonjak tajam. Cuaca yang tidak menentu dalam bebempa pekan terakhir menjadi penyebab kenaikan harga tersebut.

Pantauan Koran Ini di Pasar Indra Sari harga bawang merah sudah menembus Rp 26 ribu perkilo. Padahal sebelum kenaikan, harga bawang merah hanya Rp 14 ribu per kilonya. Begitu pula dengan harga bawang putih. Saat ini harganya mencapai Rp 27 ribu per kilo. Kenaikannya mencapai 100 persen.

Sementara harga telur per saknya mencapai Rp 31 ribu, padahal sebelumnya hanya Rp 27 ribu. Kenaikan lainnya juga terjadi pada daging ayam yang sebelumnya hanya Rp 27 ribu, kini sudah mencapai Rp 31 ribu perkilo.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperinda) Kobar, Didie A. Runuk seusai rapat gabungan eksekutif dan legislatif di DPRD Kobar membenarkan adanya kenaikan harga sembako tersebut.

Menurutnya kenaikan tersebut tidak hanya terjadi di Kobar saja, tapi juga berlaku di seluruh Indonesia. Faktor cuaca juga menjadi penentu.

Pemkab Kobar melalui Disperindag Kobar dalam menghadapi kondisi yang sulit ini sering melakukan kontrol harga pasar. Dan hal ini sudah dilaporkan kepada Bupati Kobar untuk mendapatkan petunjuk.
Dikatakannya kemungkinan besar pada Kamis mendatang (22/07) dilakukan rapat terbatas yang membahas perkembangan pasar apalagi menjelang bulan suci ramadan. (Sumber: Radar Sampit, 21 Juli 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar