Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Kamis, 22 Juli 2010

Kinerja Anggota Buruk DPRD Segera Bentuk BK


Kotawaringin Barat
Kamis, 22 Juli 2010 00:41
DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) segera membentuk Badan Kehormatan (BK). Keberadaan BK diharapkan mampu menertibkan anggota DPRD yang sering mangkir atau mengabaikan tugas sebagai wakil rakyat. "Sekarang sudah dalam pembentukan sekretaris dan pengangkatan ketua," kata Ketua DPRD Kobar Subahagio, kemarin.
Menurut dia, DPRD merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang memiliki fungsi menyampaikan aspirasi rakyat. DPRD juga mempunyai kedudukan yang setara dan memiliki hubungan kerja bersifat kemitraan dengan pemerintah daerah.
Oleh karena itu, anggota DPRD harus mampu menunjukkan kinerja mereka, layaknya seorang abdi negara. Tidak seperti selama ini, masih banyak anggota Dewan yang mangkir dari tugas dan tanggung jawab.
"Kami sangat menyayangkan karena di lingkungan Dewan masih terdapat beberapa anggota yang jarang terlihat ngantor," ujarnya.
Subahagio mengatakan, berdasarkan pengamatannya, ada beberapa anggota DPRD yang tidak pernah masuk kerja selama satu hingga tiga bulan. Ada juga yang hanya hadir apabila ada rapat paripurna.
"Padahal, seharusnya kinerja Dewan lebih konsisten untuk mengemban tugasnya, karena anggota Dewan digaji dari uang rakyat," tegasnya.
Meski begitu, dia mengakui konsep aplikasi penggunaan papan absen yang seharusnya difungsikan per 1 Juli lalu tertunda akibat adanya masalah teknis. Meski begitu, ia berjanji segera merealisasikannya. “Saya selaku ketua Dewan berharap dengan adanya program baru yang akan kami terapkan di lingkungan DPRD, dapat mengubah perilaku buruk menjadi lebih baik," ungkapnya.

Direaliasikan secepatnya
Ketua Komisi C DPRD Kobar Sarwani melanjutkan, DPRD akan secepatnya merealisasikan keberadaan BK dan papan absen tersebut. "Setelah pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) usai, kami akan fokus pada pembahasan BK dan papan absen," janji dia.
Menurutnya, keberadaan BK dan papan absen dapat meningkatkan kinerja para anggota Dewan. Dia juga menyakini adanya BK dan papan absen akan menjadi salah satu alat kontrol terhadap kinerja para wakil rakyat.
Anggota DPRD Kobar Mulyadin juga mengaku mendukung adanya pembentukan BK dan papan absen. Dia juga berharap dengan adanya BK dan papan absen, bisa mengubah etika kerja para anggota DPRD. "Kami menyayangkan jika ada aparatur pemerintah yang kurang proaktif, karena bagaimanapun juga kita sebagai aparatur mendapat gaji dari rakyat," ujar dia.


Sumber : http://borneonews.co.id/news/kobar/12-kobar/3505-kinerja-anggota-buruk-dprd-segera-bentuk-bk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar