Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Kamis, 15 Juli 2010

Turis Asing Sumbang Rp12 Juta Tiap Minggu

Kotawaringin Barat
Kamis, 15 Juli 2010 01:01

SEPANJANG musim liburan Juni-Juli 2010, pendapatan Kabupaten Kotawaringin Barat bertambah gemuk. Pasalnya sebagian besar pemasukan itu disumbangkan dari retribusi wisatawan asing yang rata-rata mencapai Rp11 juta hingga Rp12 juta per minggu.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabu-paten Kobar I Nengah Parsa, "Pada tahun ini semakin ter-lihat tren peningkatan kun-jungan turis asing."
Dikatakan, jumlah wisata-wan sejak Januari hingga Mei 2010 sudah mencapai 2.129 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 1.224 wisatawan asing dan 885 wisatawan lokal. Para pelancong asing itu antara lain berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Belanda. Masa tinggal mereka rata-rata 2-3 hari. Sebagian besar liburan mereka dihabiskan di sekitar TNTP Kecamatan Kumai, Lamandau, dan Kota Pangkalan Bun.
Kendati data pengunjung bulan Juni dan Juli belum diinput Disbudpar, namun Parsa yakin pada bulan ini wilayah Kobar akan dikun-jungi lebih banyak pelancong asing.
Sebab, masa liburan sekolah sudah selesai sehingga turis domestik tidak sebesar bulan Mei-Juni. Masa liburan bagi turis asing biasanya dimulai pada bulan Juli dan berakhir pada bulan Oktober
Selama ini, sasaran utama lokasi wisata di Kobar selama ini adalah Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) untuk melihat kawasan rehabilitasi orangutan maupun wisata petualangan.
Dari data pengunjung yang dimiliki Efan Eka Nanda, Staf Bina Cinta Alam Balai TNTP Kabupaten Kobar, sejak Januari hingga Juni 2010 adalah 1.775 orang di antaranya 747 wisata-wan asing dan 1.008 wisatawan lokal.
"Lonjakan pengunjung ter-utama wisatawan mancanegara mulai terjadi pada bulan Juli. Biasanya tujuan wisatawan tersebut benar-benar murni untuk mengisi liburan, study tour atau penelitian."

Sumber : http://borneonews.co.id/news/kobar/12-kobar/3398-turis-asing-sumbang-rp12-juta-tiap-minggu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar