Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Rabu, 14 Juli 2010

Pangkalan Bun Kobar Diisukan Rusuh

Kota Palangkalanbun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah diisukan rusuh pasca pembatalan kemenangan (diskualifikasi) oleh Mahkamah Konstitusi terhadap pasangan bakal calon bupati Nomor Urut 1 yakni H. Sugianto dan H. Eko Soemarno, SH dalam Pemilukada (pemilihan Bupati Kobar) dengan dugaan praktek money politik yang sistematis dan terstruktur (begitu yang saya baca di berita).


Isu kerusuhan tersebut merebak hingga ke Kota dan Kabupaten lain di Kalteng, meskipun pihak Sugianto memberikan arahan kepada Tim Sukses dan pendukungnya agar tidak emosional menanggapi keputusan ini.

Penambahan personil anggota Kepolisian untuk menjaga keamanan di wilayah Pangkalan Bun Kobar memang dilakukan pihak Kepolisian Daerah (POLDA) dengan mengirimkan sejumlah pleton tambahan dari Samapta Polda Kalteng meskipun kerusuhan sebenarnya tidak terjadi di wilayah Bumi Marunting Batu Aji tersebut.

Sekedar informasi, bahwa sebelumnya KPUD Kotawaringin Barat menetapkan pasangan H. Sugianto dan H. Eko Soemarno, SH dengan Nomor Urut 1 sebagai pemenang Pemilukada Kobar Tahun 2010, mengalahkan pasangan lainnya H. Ujang Iskandar (Incumbent) dan Bambang Purwanto.

Namun karena adanya pengaduan dari pesaingnya, akhirnya MK memutuskan bahwa pasangan nomor urut 1 terbukti melakukan kecurangan dan mengalami diskualifikasi sehingga saingan tunggalnya yakni pasangan nomor urut 2 (H. Ujang Sikandar dan Bambang Purwanto) berhak menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat.

Mengenai mekanisme pemilihan, prosedur Pemilukada, serta pengaduan dalam Pilkada saya tidak berani berkomentar, termasuk bagaimana peran Panwaslu dalam kasus ini, sebab saya sendiri tidak faham, namun itulah beberapa kenyataan sekaligus fakta yang saya kutip dari sejumlah pemberitaan harian lokal di Kalimantan Tengah.

Tambahan lagi nih bagi yang belum kenal H. Sugianto yang dikalahkan oleh keputusan MK ini adalah mantan suaminya salah satu artis Indonesia yakni Ussy Sulistiowaty, hehehe.. kalo dulu hampir jadi ketularan Selebritis sekarang nyaris jadi Bupati.

Apapun hasil dari Pemilukada Kotawaringin Barat Tahun 2010 ini, semoga saja tidak ada rusuh, sebab kebenaran sejati akan terkuak dengan sendirinya dan yang terbaik serta sesuai harapan warga masyarakat Kobar akan keluar sebagai pemenang, sebab sesungguhnya jabatan Pemimpin adalah pengemban tugas amanah seluruh umat.

Sumber : http://kalimantantengah.dagdigdug.com/pangkalan-bun-kobar-diisukan-rusuh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar