Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Sabtu, 31 Juli 2010

Cuaca Tidak Menentu Masih akan Terus Berlanjut

Kotawaringin Barat
Senin, 26 Juli 2010 00:19
DINAS Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengingatkan tidak stabilnya cuaca akan terus berlanjut sampai batas waktu yang tidak menentu. Bulan ketujuh yang seharusnya sudah memasuki musim tanam kedua terpaksa harus molor.
Pernyataan itu disampaikan Kepala Distanak Kobar Akhmad Yadi saat ditemui kemarin. "Saya juga sudah menyampaikan hal ini ke DPRD. Seperti kita ketahui Kobar sedang terjadi penyimpangan iklim pada April-September, yang seharusnya terjadi Kemarau, tapi sebaliknya malah terjadi banjir dengan tingkat curah hujan yang tidak menentu," katanya.
Dia juga menyatakan penyimpangan iklim ini, masih dapat terjadi dan dijumpai dalam kurun satu minggu ini. "Sebetulnya mereka (para petani) sudah terbiasa dengan penyimpangan iklim yang terjadi belum lama ini, namun kita tetap akan mencarikan solusi terbaik agar mereka bisa bangkit kembali," tuturnya.
Pihaknya juga sudah meyiapkan beberapa langkah, misalnya identifikasi terhadap petani stimulan dan selebihnya melakukan koordinasi dengan instansi terkait. "Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU), terkait sarana Jalan menuju kawasan pertanian dan fungsional keberadaan pintu air," ujarnya.
Lebih lanjut ia memaparkan, langkah-langkah itu sudah dipersiapkan sejak jauh hari untuk memasuki musim tanam selanjutnya, dengan catatan banjir sudah surut dan kondisi area persawahan kembali normal.
Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kobar Sarwani menekankan agar berbagai pihak terkait bisa lebih proaktif lagi dalam penanganan banjir yang terjadi di kawasan pertanian, khususnya di Kumpai batu dan sekitarnya yang terjadi belum lama ini.
"Kami berharap agar pihak terkait secepatnya memberikan solusi,” ujarnya.

Sumber : http://borneonews.co.id/news/kobar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar