Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Sabtu, 24 Juli 2010

Pemkab Gelar Rapat Ketahanan Pangan


Kotawaringin Barat
Sabtu, 24 Juli 2010 00:47
UNTUK mengantisipasi kenaikan harga menjelang Ramadhan, Pemkab Kobar menggelar Rapat Ketahanan Pangan di ruang kerja Wakil Bupati Sukirman, kemarin.
Rapat itu dihadiri beberapa perwakilan dari instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Urusan Logistik (Bulog), Dinas Pertanian dan Perternakan (Distanak), Dinas Perkebunan (Disbun), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Kumai, dan Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kobar.
Wakil Bupati saat ditemui seusai rapat mengatakan "biasanya jika mengahadapi bulan puasa itu harga-harga akan mengalami kenaikan," ujarnya.
Untuk mengantisipasi kemungkinan itu, Pemkab Kobar mengupayakan agar stok beras aman. Sedangkan untuk mengantisipasi melonjaknya harga sayur-mayur, pemerintah akan memotivasi masyarakat untuk membiasakan diri menanam sayur sendiri di lingkungan tempat tinggal mereka.
"Kemarin harga gula putih naik karena Jawa Timur tidak boleh memasok gula putih ke luar daerah, sehingga hal itu membuat jumlah gula putih yang beredar di pasaran Kobar sedikit," ungkap Sukirman.
Untuk mengupayakan ketersediaan gula putih, Pemkab Kobar akan memasoknya dari Banjarmasin.
Selain itu, tambahnya, permasalahan pendistribusian juga menjadi hal yang penting karena jika distribusi terhambat otomatis akan menyebabkan harga kebutuhan pokok melonjak. "Pelabuhan harus memprioritaskan bongkar muat untuk kapal yang membawa sembako atau sayur-mayur." tegasnya.

Sumber : http://borneonews.co.id/news/kobar/12-kobar/3558-pemkab-gelar-rapat-ketahanan-pangan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar