Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Sabtu, 10 Juli 2010

Harga TBS Diperkirakan Turun

Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit untuk bulan Juli ini, diperkirakan mengalami penurunan. Pasalnya, pengaruh ekonomi global menyusul turunnya harga, Crude Palm Oil (CPO) di pasaran dunia.

"Untuk harga pasti bulan ini, kami masih belum berani mengeluarkan rilis harganya. Pasalnya masih belum ditetapkan oleh Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) karena berbagai pertimbangan. Kita tunggu saja," jelas Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kobar Ir M. Rosihan Pribadi, M.si melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Sumiati saat ditemui Kalteng Pos, Senin (5/7).

Menurutnya, pihak Disbun Kobar masih belum boleh mengumumkan harga TBS bulan ini karena alasan tersebut. Namun ia memberikan gambaran tentang harga itu. Menurutnya, nilai penurunan TBS diperkirakan antara Rp 20,42 — Rp 28,29 dari bulan lalu. Sedangkan Untuk bulan Juni, harga TBS tertinggi untuk kelapa sawit yang berumur tiga tahun adalah Rp 851,21/kg. Sedangkan diambil dari pohon berumur 10 tahun ke atas harga terendah yaitu 830,75/kg. Untuk harga tertinggi yaitu Rp 1.149,98/kg TBS. Sumiati menjelaskan, penurunan harga TBS dalam enam bulan ini menurut pantauan Disbun hanya terjadi pada bulan Juli ini saja.(Sumber: Kalteng Pos, 6 Juli 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar