Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Minggu, 15 Agustus 2010

Lapas Sambut HUT RI dengan Lomba Keagamaan

Kotawaringin Barat
Jumat, 13 Agustus 2010 00:23
ADA suasana berbeda di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dalam Ramadan tahun ini.
Jika pada tahun-tahun sebelumnya, Ramadan hanya diisi dengan salat tarawih, tadarus, dan sahur bersama setiap malam, pada Ramadan kali ini, kegiatan keagamaan diperbanyak. Bahkan, sejumlah kegiatan keagamaan itu dilombakan. Seperti lomba salat, lomba adzan, dan lomba khotbah.
Suasana berbeda ini terjadi karena Ramadan tahun ini berbarengan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Kemerdekaan Indonesia.
Jadi, sejumlah lomba itu digelar sekaligus untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana lomba yang diadakan berkaitan dengan fisik.
Akan tetapi, tahun ini, kegiatan fisik itu ditiadakan karena para warga binaan sedang menjalankan ibadah puasa.
Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Pembinaan dan Pendidikan (Binadik) Lapas Kelas II B menuturkan, kegiatan lomba itu dibagi menjadi dua kelompok, yaitu lomba untuk warga binaan muslim dan nasrani.
Untuk yang muslim ada tiga jenis lomba yang dipertandingkan, yakni lomba salat, adzan, dan khotbah. "Kegiatannya sengaja kami buat menyesuaikan dengan momentum Bulan Ramadan," ujarnya, kemarin.
"Pesertanya terdiri dari semua warga binaan yang muslim, sedangkan untuk yang nasrani ada lomba cerdas-cermat alkitab dan khotbah nasrani," imbuhnya.
Berbeda dengan bulan-bulan lainnya, khusus di Ramadan, pihak Lapas memberikan sedikit perhatian terhadap warga binaan. Salah satu bentuk perhatian itu yakni menyediakan menu khusus buka puasa.

Sumber :http://borneonews.co.id/news/kobar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar