Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Minggu, 15 Agustus 2010

Kobar Jalin Kerja Sama dengan Amerika Serikat

Kotawaringin Barat
Kamis, 12 Agustus 2010 20:01
PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menjalin kerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat terkait pengelolaan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).
Peresmian kerja sama itu ditandai dengan kunjungan Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Ted Osius ke TNTP, kemarin.
Ted saat jumpa pers di Bandar Udara (Bandara) Iskandar, Pangkalan Bun, kemarin, mengatakan, Amarika Serikat melalui Orangutan Conservation Services Program (OCSP) dan US Agency for International Development (USAID) Orangutan Conservation, akan membangun kerja sama yang lebih erat dengan Pemkab Kobar.
"Kerja sama ini bukan hanya sebatas memberi dan menerima tapi kerja sama yang setara yang saling membangun," ungkapnya.
Dia mengatakan, selain untuk memajukan kawasan konservasi TNTP, kerja sama ini juga untuk mengatasi perubahan iklim yang terjadi di Kobar dengan konsep konservasi dan adaptasi.
Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Bupati yang saat ini dijabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kobar Riduansyah berharap, kerja sama ini dapat memajukan Balai Konservasi Perlindungan Orangutan di Kobar.
"Kami sebagai masyarakat sangat mendukung adanya kerja sama kemitraan dengan Amerika Serikat. Karena untuk ke depannya akan mempermudah Kobar dalam melestarikan primata khas yakni Orangutan yang menjadi ikon Kobar selama ini, dan kami juga bangga karena memiliki TNTP," ungkapnya.
Masih di tempat yang sama, Kepala Balai TNTP Kobar Gunung Sinaga menuturkan, dirinya menyambut positif program kemitraan tersebut.
Dia juga berharap, program kerja sama ini berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.
"Kami sangat setuju jika program kemitraan ini berjalan dalam jangka panjang. Sebab dalam memajukan dan melestarikan konservasi orangutan memang membutuhkan kerja sama kemitraan yang kuat," ucap dia.

Keuntungan Kobar
Sambutan positif lainnya turut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kobar I Nengah Parsa.
Menurut dia, akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh Kobar melalui kerja sama tersebut. Salah satu keuntungan itu yakni berpengaruh pada pelestarian seni dan budaya daerah.
Dia menuturkan, melalui kerja sama itu, para wisatawan asing akan lebih sering berkunjung ke Kobar.
"Dengan berlangsungnya program kerja sama ini mereka orang asing dapat menyaksikan betapa eksotisnya wisata ekotourism di Kobar," kata dia.
Oleh sebab itu, dia sangat berharap, program kerja sama ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Sumber : http://borneonews.co.id/news/kobar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar