Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Jumat, 25 Juni 2010

Rumput Laut Harus Dijaga


[sumber gambar: www.matanews.com] Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kobar terus memberikan dukungan bagi industri kecil Skala rumah tangga dan menengah sebagai upayanya mengembangkan industri kecil. Hal ini dikatakan Kepala Disperindag Kobar Drs Didie A Runuk M.Si saat ditemui Kalteng Pos, Selasa (22/6) kemarin.

Terkait dengan pengembangan rumput laut yang ada di Kobar ini pihaknya sudah mulai menjalin komunikasi guna kerjasama dalam bidang pengolahan hasil kelautan tersebut. "Dalam hal budidayanya bukanlah tanggung jawab Disperindag. Tapi tanggung jawab Dinas Kelautan dan Perikanan. Memang selama ini hasil rumput laut yang sudah dipanen, setelah dikeringkan langsung dijual kelompok tani pembudidaya melalui semacam organisasi petani rumput laut ke pulau Jawa. Ke depannya diharapkan kita juga mampu mengolah hasil laut itu menjadi berbagai macam olahan. Ada banyak sekali produk yang bisa dihasilkan dari rumput laut. Sekitar ratusan produk olahan bisa dibuat dengan bahan baku rumput laut. Jadi pembudidaya hasil laut ini dapat sangat diuntungkan," jelasnya.

Menurutnya pengolahan rumput laut menjadi turunan produk lain bisa diwujudkan, namun perlu diteliti dulu apakah kontinuitas dan kualitas hasil budidaya tersebut sudah cukup sesuai standar. "Jangan sampai bila kita sudah siap mengolah rumput laut namun kuantitas dan kualitas rumput laut dari petani tidak sesuai standar. Tentunya kontinuitas dalam pemasokan bahan baku serta kualitas harus terus ditingkatkan dan dijaga oleh petani selaku pemasok bahan. Bila itu bisa dicapai, maka diharapkan kita juga bisa menjadi daerah pengolahan rumput laut," jelasnya.

Didie juga menjelaskan bahwa saat ia mengikuti rapat kerja perindustrian di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu industri rumput laut mendapatkan perhatian khusus dari salah seorang wakil Menteri Perindag. “Permintaan akan bahan baku rumput laut di pasaran dunia sangat tinggi. Namun hanya sedikit daerah yang bisa mengusahakannya. Maka dengann itu ia menyarankan agar daerah yang mempunyai garis pantai agar terus membudidayakan produk kelautan ini. Tentunya bila kita sudah bisa berswasembada dalam hal itu, maka kemungkinan kita bisa menjadi produsen bahan olahan yang berasal dari rumput laut,” jelasnya lagi. (Sumber: Kalteng Pos, 23 Juni 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar