Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Kamis, 10 Juni 2010

PANGKALAN BUN KOTA TERBERSIH SE-INDONESIA

Penghargaan Adipura menjadi cermin kesadaran masyarakat Kobar menjaga kebersihan.

KEMARIN masyarakat Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar) bergembira menyambut kedatangan Piala Adipura untuk keempat kalinya. Tahun ini Pangkalan Bun mendapat predikat kota kecil terbersih se-Indonesia.
Terik matahari tidak menyurutkan niat masyarakat. Mereka tetap setia menunggu kedatangan Piala Adipura di Bandara Iskandar, Pangkalan Bun. Begitu tiba, Piala Adipura langsung diarak keliling kota.

Sekretaris Daerah Ridhuansyah menjelaskan ada empat poin penilaian adipura yang dilakukan tim verifikasi. Yaitu pemukiman atau pengelompokkan perumahan, sekolah, fasilitas umum, dan perairan. Dari keempat poin tersebut seluruhnya harus berhubungan dengan kebersihan, keasrian, penghijauan, dan kenyamanan.
Pada pantauan pertama (P1) Kabupaten Kobar mendapat nilai 73,28, dan P2 mendapat nilai 74,27."Ketika dilakukan P3, Kobar tetap dinilai konsisten menjaga kebersihan lingkungan dan dinilai membaik," papar Ridhuansyah.
Bupati Kabupaten Kobar Ujang Iskandar saat memberi sambutan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pasukan kuning yang sudah menjaga kebersihan lingkungan. "Penghargaan ini didapat sebagai cermin perilaku masyarakat Kobar yang malu membuang sampah sembarangan," katanya.
Ujang juga menyampaikan pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika menyerahkan 179 penghargaan lingkungan hidup dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Istana Negara Jakarta, Selasa (8/6).
Presiden antara lain menegaskan bahwa di masa mendatang Indonesia akan lebih serius menjaga lingkungan.
Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) rencananya akan mengevaluasi penilaian anugerah Adipura. Menteri Ling-kungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, mengatakan selanjutnya penilaian tidak hanya masalah pengelolaan sampah, tapi juga lingkungan perkotaan secara keseluruhan.
Tahun ini, jumlah penerima anugerah Adipura atau kota dengan predikat terbersih 2010 meningkat dibanding tahun sebelumnya. Pada 2009 penerima Adipura sebanyak 126 kota dan pada 2010 menjadi 140 kota. (B-1)

Sumber : http://borneonews.co.id/news/kobar/12-kobar/2759-pangkalan-bun-kota-terbersih-se-indonesia.html

1 komentar:

  1. pupus sdh harapan KOBAR tuk dapatkan ADIPURA KENCANA...gara2 ulah masyarakatnya sendiri..

    BalasHapus