Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Senin, 21 Juni 2010

Kobar Bidik Adipura Kencana.



Empat piala Adipura yang sudah diboyong Kabupaten Kobar sepertinya masih belum cukup. Pemkab Kobar justru kembali menargetkan Piala Adipura Kencana pada tahun depan. Untuk diketahui Adipura Kencana akan diberikan kepada kabupaten/kota yang sukses meraih piala Adipura lima kali secara beruntun. "Tantangan ke depan kita bagaimana mempertahankan piala ini dan berusaha untuk kembali meraihnya," kata Bupati Kobar Dr Ujang Iskandar.

Bupati mengatakan sukses meraih quattrick Piala Adipura tahun ini hasil dari komitmen, kerja keras dan kekompakan semua pihak. Piala Adipura sendiri bukan hanya sekadar simbol berbentuk piala, tapi lewat penghargaan bisa menciptakan sebuah kota menjadi bersih, sehat, indah, hijau dan teduh.

"Saat menerima penghargaan lalu, presiden SBY juga berpesan hal yang sama. Dengan meraih Piala Adipura berarti tanggungjawab untuk menciptakan lingkungan yang bersih semakin berat. Selain itu bapak presiden juga meminta seluruh aparatur di Indonesia untuk menjaga dan berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dan kelestarian alam," jelas bupati.

Menyambung, pesan presiden, Ujang mengatakan kepala daerah untuk tidak terlalu mudah memberikan izin untuk tempat usaha diatas lahan yang tidak dibolehkan untuk tempat usaha. Pemberian izin tersebut hanya dibolehkan untuk tempat usaha bila sudah sesuai dengan peruntukannnya.

"Tidak ada gunanya tingkat pertumbuhan ekonomi tinggi namun kelestarian lingkunan tidak terjaga. Bila ini tidak seimbang maka akan berakibat buruk terhadap perkembangan yang lain," jelas bupati mengutip pesan presiden.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kobar Achmad Riduansyah dari hasil penilaian pertama (P1) dan kedua (P2) yang dilakukan Tim Adipura dari Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Kalimantan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Kalteng serta Walhi Kalteng, nilainya cenderung meningkat. Jika pada P1 memperoleh nilai 73,28 maka di P2 menjadi 74,27.

"Atas hasil itu dan mengacu Surat Keputusan Kementerian Lingkungan Hidup Nomor 117 tahun 2010 tanggal 4 Juni 2010 tentang Penerimaan Penghargaan Piala Adipura Tahun 2010, Kobar berhak memperoleh Piala Adipura sebagai Kota Terbersih Tingkat Nasional Kategori Kota Kecil tahun 2010," jelas Riduansyah. (Sumber: Radar Sampit, 21 Juni 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar