Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Senin, 21 Juni 2010

Lomba Desa Masih Menunggu Hasil

Lomba desa tingkat provinsi hingga saat ini masih menunggu hasil. Seperti diketahui, Desa Lada Mandala Jaya menjadi wakil Kobar untuk lomba desa tingkat provinsi. Sementara untuk kelurahan diwakili Kelurahan Kotawaringin Hilir dan Kecamatan Kotawaringin Lama.

"Penilaian lomba desa masih berlangsung, kita juga masih menunggu hasilnya. Tahun lalu, diumumkan pada bulan Juni karena lomba desa tingkat nasional digelar Juli," ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kobar Encep Hidayat di ruang kerjanya kemarin.

Encep menjelaskan, ada beberapa aspek yang dinilai dalam lomba desa. Diantaranya aspek kesehatan, pendidikan, keamanan dan aspek lainnya. Dalam penilaiannya, lanjutnya, juga didasarkan pada hasil penilaian dua tahun sebelumnya. Artinya tidak hanya kondisi yang terlihat pada tahun ini.

Ajang lomba desa tidak saja bergengsi, desa yang mampu menembus ketingkat nasional akan,mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Bantuan yang diberikan bukan berupa uang, namun berupa program peningkatan pembangunan desa.

"Yang jelas, dengan adanya lomba desa ini akan menambah kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik," jelasnya

Sedikit gambaran, Desa Lada Mandala Jaya yang menjadi wakil Kobar dalam lomba desa berada diantara Desa Sungai Melawen dan Desa Pandu Senjaya. Mayoritas penduduknya di desa tersebut adalah transmigran asal Jawa.

Kehidupan masyarakat di sana sama halnya dengan desa-desa lainnya, meski keberadaannya jauh dari perkotaan tetapi masyarakatnya tidak jauh ketinggalan baik informasi maupun lainnya.

Akses jalan dan infrastruktur lainnya di desa tersebut juga sudah memadai. Dengan kerukunan serta kekompakan masyarakat di sana, pada ajang lomba desa tingkat kabupaten, desa ini menjadi yang terbaik dan diutus untuk mewakili ajang lomba desa di tingkat provinsi.

Sebelumnya Desa Lada Mandala Jaya ini juga pernah meraih juara kedua dalam hal perpajakan atau pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kesadaran masyarakat di desa dalam hal membayar pajak juga tinggi disamping dari kerja keras perangkat desa setempat. (Sumber: Radar Sampit, 16 Juni 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar