Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Jumat, 12 Juli 2013

Piala Adipura Ke-7 Kobar Disambut Meriah

Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kembali meraih penghargaan Adipura. Kini penghargaan ke-7 kalinya ini diboyong oleh kabupaten yang berjuluk Bumi Marunting Batu Aji.
Kawasan Bandar Udara (Bandara) Iskandar Pangkalan Bun, khususnya wilayah VIP bandara itu, Selasa (11/6) sekitar pukul 09.00 WIB tampak ramai dari hari-hari biasanya. Di sejumlah sudut bandara itu tampak sekolompok orang berpakaian khusus, mereka adalah petugas kebersihan Kota Pangkalan Bun.
Tentu kehadiran mereka untuk menyambut kedatangan Bupati Kobar Dr H Ujang Iskandar ST Msi, tiba di Bandara Iskandar Pangkalan Bun.
Setelah pesawat mendarat, Ujang Iskandar dan rombongan muncul dari pintu pesawat.  Setelah menuruni tangga pesawat, Bupati bersama Wakil Bupati  Bambang Purwanto, dan Wakil Ketua DPRD Kobar H Hasanudin mengangkat piala Adipura.
Kedatangan piala penghargaan kebersihan piala yang ke-7 kali itu disambut meriah oleh ratusan masyarakat, PNS, puluhan wartawan, dan “Pasukan Kuning” (petugas yang biasa membersihkan jalan raya di kota Pangkalan Bun).
Setelah acara penyambutan selesai, Bupati menggelar jumpa pers di press room VIP Bandara Iskandar, didampingi seluruh unsur pimpinan daerah, baik itu Kapolres, Dandim, Kajari, dan Ketua Pengadilan, serta Kepala Badan Lingkungan Hidup. Dalam jumpa pers tersebut Ujang Iskandar mengungkapkan rasa syukurnya.
“Penghargaan Adipura yang ke-7 ini bukan merupakan kebanggaan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat saja, tapi sudah menjadi kebanggaan seluruh komponen warga masyarakat,” katanya saat itu.
Selanjutnya dia mengatakan, Pemkab Kobar selama 7 tahun berturut-turut berhasil meraih penghargaan Adipura, berarti selama 7 tahun itu pula kebersihan dan keindahan kota berhasil dipertahankan, bahkan ditingkatkan.
Kabupaten Kobar mendapat nilai rata-rata 75,30 dalam pemantauan P1 dan P2. ”Oleh sebab itu, Kotawaringin Barat tidak melalui pemantauan tahap P3 atau verifikasi, karena nilai P2 meningkat dan dianggap baik dalam pengelolaan lingkungan,” paparnya.
Diakui Bupati Ujang Iskandar, untuk meraih Adipura Kencana saat ini belum bisa terwujud dikarenakan adanya perubahan sistem dalam penilaian.
“Kalau pada tahun 2010 apabila sudah meraih Adipura 5 kali berturut-turut, maka otomatis dapat meraih Adipura Kencana. Tapi sekarang peraturan itu berubah, karena semua aspek yang dinilai, termasuk menyangkut peran serta dan swadaya masyarakat dalam mengelola lingkungan secara mandiri dan menyeluruh,” ujarnya.
Secara terpisah Plt Sekda Kobar Masradin SH, sebagai Ketua Tim Adipura saat dikonfirmasi Tabengan, mengatakan, sesuai keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.192/2013 tentang Penghargaan Adipura tahun 2013 bahwa tujuan program Adipura adalah untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan kota yang bersih dan teduh dengan menerapkan prinsip good governance dalam pengelolaan lingkungan hidup.
Setelah acara jumpa pers, dari Bandara Iskandar Pangkalan Bun, piala Adipura langsung diarak menuju Kumai, kemudian kembali lagi menuju beberapa jalan protokol di Kota Pangkalan Bun, yang disambut meriah masyarakat. yuliantini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar