Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Kamis, 18 Juli 2013

Asal Usul Kiayi Gede



Kyai Gede berasal dari Kesultanan Demak dan masuk Kutaringin tahun 1595. Menurut cerita ini, Kyai Gede bernama asli Abdul Qadir Assegaf yaitu seorang ulama yang berasal dari Demak. Namun karena sikap membangkangnya, akhirnya diusir dan dibuang dari kerajaan. Oleh Sultan Demak ketika itu, Kyai Gede beserta pengikutnya dilarang melakukan peperangan pada hari jumat. Namun perintah raja ini oleh Kyai Gede dan pengikutnya tak diindahkan. Ketika melakukan peperangan, pasukannya kalah. Akhirnya dia harus menanggung konsekuensinya, dia dihukum dengan cara diasingkan dari kerajaan dan akhirnya terdampar di Kerajaan Banjar setelah sebelumnya sempat melalui Gresik. Pada masa itu, kerajaan Banjar dibawah kekuasaan Pangeran Suriansyah yang sebelum masuk Islam bergelar Pangeran Suryanata. Oleh Pangeran Suriansyah, Kyai Gede dengan didampingi Khatib Dayan diutus untuk menyebarkan Islam ke Kutaringin Barat, kala itu tahun 1595 M.
 
Dengan pengikut tak kurang dari 40 orang disertai Khatib Dayan, berangkatlah Kyai Gede menyusuri Sungai Arut hingga ke pedalaman Sungai Lamandau dan Balantik, Nanga Bulik, Sukamara. Dalam perjalannya menyebarkan Islam, akhirnya Kyai Gede bertemu dengan Pangeran Adipati Antakesuma putra Sultan Musta’inubillah Raja Kerajaan Banjar. Selanjutnya berdirilah kerajaan Kutaringin dengan Kyai Gede sebagai Mangkubumi pertamanya bergelar Adipati Gede Ing Kutaringin mendampingi Pangeran Adipati Antakesuma. Kondisi keberislaman masyarakat Kotawaringin pun akhirnya berimbas pada kebijakan penjajah Belanda menyebarkan misi zending, pasca ibukota kerajaan pindah dari Kotawaringin ke Pangkalan Bun.
Kini kerajaan kutaringin berdasarkan catatan Istana Al-nursari menjadi istana kuning yang teletak di kabupaten kotawaringin barat. Tetapi meskipun kerajaan ini pindah ke pangkalanbun kyai gede sebelum beliau wafat, ia meningalkan sejarah islam di kotawaringin yang masih utuh dan
merupakan mesjid tertua di Kalimantan tengah yang diberi nama Masjid Kiai Gede. Masjid ini meski telah berusia ratusan tahun, masih berdiri tegak dan berfungsi dengan baik hingga hari ini. Masjid ini terbuat dari kayu ulin. Uniknya lagi, bangunan masjid ini tidak menggunakan paku, melainkan menerapkan konsep lego. Selain masih berfungsi baik sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan sosial masyarakat lainnya, Masjid Kiai Gede pun menjadi tujuan wisata sejarah dan bahkan religi karena masjid kiai gede merupakan simbol sejarah yang masih bertahan hingga kini dan patut dilestarikan dan dijaga keberadaannya.
Kyai Gede adalah tokoh mula-mula penyebar agama Islam di Kotawaringin. Walau kini telah lama tiada, pengaruhnya dalam kehidupan, sangat dirasakan masyarakat setempat. Terbukti 90 persen lebih penduduk Kabupaten Kotawaringin barat, beragama Islam dengan tradisi Islam yang kental. Makam kyai gede berada di kecamatan kotawaringin lama kabupaten kotawaringin barat provinsi Kalimantan tengah, yang selalu diziarahi. Kharismanya setara Syekh Arsyad Al Banjary atau Datuk Kalampayan di Kalimantan selatan.
 
Sumber : http://lovechinchun.blogspot.com/2012/11/kerajaan-kotawaringin-lama-normal-0.html

4 komentar:

  1. Nice info.
    Salam kenal...

    forum penulis pangkalan bun
    http://forumpenulispangkalanbun.wordrpress.com

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum
    Sengat bermanfaat semoga barokah amiiiin

    BalasHapus
  3. TAHUN BERAPA WAFATNYA KYAI GEDE..???

    BalasHapus
  4. Kami dari PT TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Berikut Attecment terlampir.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id, www.twin.co.id

    BalasHapus