Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Jumat, 19 Juli 2013

Tidak Perlu Khawatir Lagi Bayar Pengobatan

Sebanyak 65 ribu warga Kabupaten Kotawaringin Barat telah mempunyai layanan jaminan kesehatan baik dari KKS, Jamkesmas, dan jamkesda. Masyarakat miskin dapat menikmati fasilitas kesehatan tanpa dipungut biaya sepeserpun lantaran biaya ditanggung oleh pemerintah daerah.
Yuli, misalnya warga Kecamatan Kotawaringin Lama yang mengindap penyakit batu ginjal. Selama berobat di puskesmas dia menyodorkan KKS yang dibagikan oleh Bupati Kobar beberapa waktu lalu. Dengan KSS semuanya benar-benar gratis. “Tidak hanya di puskesmas saja, tapi saat dirujuk di rumah sakit juga sama. Semua biaya obat dan sebagainya itu memang gratis,” kata Yuli kemarin siang.
Sebelum dirinya mempunyai kartu tersebut, suaminya sering masuk rumah sakit. Untuk mengurus surat miskin sangat sulit, dan terkadang yang dibilang gratis masih ada tambahan beli obat sendiri. “Tapi sekarang dari awal masuk hingga dirawat, bahkan samapi penyakitnya berangsur-angsur pulih, tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Jadi dampaknya sangat bagus, tidak perlu repot lagi  mengurus kartu miskin,” ujarnya.
Sebagai petani sayuran yang penghasilannya tidak tetap, dia tidak canggung lagi untuk berobat ke rumah sakit. Padahal jika membayar sendiri, dirinya menghabiskan uang jutaan rupiah. “Tapi dengan KKS saya sangat terbantu karena saya ini hanya penjual sayur keliling yang penghasilannya tidak jelas. Kadang sayur habis, bahkan sayuranya tidak laku,” bebenya.
Sementara Bupati Kobar Ujang Iskandar mengatakan, KKS untuk masyarakat kurang mampu ini kiranya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berobat. “Program pengobatan gratis ini merupakan salah satu keinginan saya dari dulu serta janji saya kepada masyarakat. Maka dari itu kartu sakit tersebut kiranya dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.
Bupati menjelaskan, KKS juga bisa digunakan untuk berobat di luar Pangkalan Bun, yakni seperti halnya RSUD dr Murjani Sampit, RSUD dr Doris Sylvanus dan RSUD Ulin Banjarmasin. (Sumber Radar Sampit, 15 Juli 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar