Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Rabu, 31 Juli 2013

Kobar Bidik Wisata Edukasi

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus menggandeng pihak ketiga, yakni para investor untuk mengembangkan sektor pariwisata. Wisata yang terus dikembangkan adalah edukasi, sehingga kedepan hal tersebut diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi para turis mancanegara dan wisatawan asing.
Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar mengatakan, Pemkab Kobar mempunyai komitmen yang kuat untuk mengembangkan sektor pariwisata. Dalam hal ini, PT Korintiga Hutani menyatakan ingin ikut berpartisipasi mengembangkan wisata tersebut.
“Untuk pengembangan sektor pariwisata kami akan melakukan penandatangan MoU mengenai obyek wisata baru. Salah satunya mengenai potensi PT. Korintiga yang sudah bisa mengekspor bahan untuk pembuatan kertas, triplek dan lain sebagainya. Yang ditawarkan dalam wisata ini adalah tentang pembelajaran mengeani bahan dasar kertas, triplek dan cara pembuatannya. Sehingga tahu bagaimana prosesnya tidak hanya menggunakan saja,” kata Bupati Kobar, Kamis (25/7).
Menurutnya obyek wisata yang terus dimantapkan ini mengajak wisatawan untuk melihat secara langsung proses pabrik kertas dan pabrik chip itu sendiri. Namun untuk lebih spesifik dimulai dari persemaian, pembibitan, laboratorium, dan bagamana mengkloning satu bibit yang disebut hutan tanaman industri (HTI) serta hasil produksi yang berupa plywood dan hasil produksi lainnya untuk bahan bangunan.
“Dengan seperti itu, obyek wisata yang baru sekaligus rekreasi dan memberi edukasi. Dimana semua yang ditawarkan menjadi pemahaman mengenai proses hasil produksi itu semua dan sampai kita jumpai sehari-hari. Paling tidak, jika mengetahui hal itu menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Obyek wisata itu tidak harus spesifik pemandangan saja, tapi juga edukasi juga sangat penting,” jelasnya.
Mengenai lokasi yang cukup jauh, tahapan yang mulai dipersiapkan adalah tranfortasi dan homestay serta rumah betang yang juga menjadi tempat tujuan wisata. “Untuk bus tahun ini sudah kita siapkan, serta pembangunan homestay dan juga ruamh betang yang merupakan ciri khas Dayak yang kita bangun di Kecamatan Aruta. Serta kesenian lokal yang ada disana sudah kami coba eskpor semua, termasuk acara Dayak juga akan difasilitasi dan itu akan menyedot wisatawan asing,” tandasnya. (Sumber Radar Sampit, 27 Juli 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar