Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Rabu, 31 Juli 2013

Bidik Aruta Jadi Kawasan Wisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar)akan terus mengembangkan Kecamatan Arut Utara (Aruta) menjadi tujuan wisata. Selama ini, Kecamatan tersebut dinilai jauh ketinggalan dibandingkan Kecamatan lain di Kobar. Pengembangan pariwisata di Aruta diharapakan bisa memberi perubahan dan kemajuan bagi daerah itu.
Bupati Kobar Ujang Iskandar mengatakan, semua Kecamatan di Kobar mempunyai potensi yang layak untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata. Begitu juga di Kecamatan Aruta yang mempunyai segudang potensi wisata.
“Dalam pengembangan wisata di Kecamatan Aruta bakal dibidik yang berbeda dengan daerah lain. Yang mana pengembangan wisata di Aruta lebih pada sisi kebudayaan, yakni dengan menonjolkan khasnya Kalimantan yakni, adat dayak. Banyak tradisi yang masih dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat dan itu sangat layak untuk dipromosikan sampai ke tingkat nasional bahkan internasional,” kata Bupati.
Budaya yang bakal di bidik, kata Bupati diantaranya acara Tiwah, Acara Tiwah di Aruta berbeda dengan daerah kain di Kalteng. Sehingga hal itu menjadi daya tarik tersendiri. Termasuk saat acara tiwah besar, juga mampu menyedot wisatawan asing dan lokal. Artinya pengembangan wisata berbasis budaya ini layak dikembangakan.a
Menurut Bupati, pemerintah terus memantapkan pengembangan wisata tersebut. Aturan mengenai minuman beralkohol yang sudah menjadi ciri khas bakal diperdakan. Minuman beralkohol akan diberi tempat tersendiri agar tidak menggangu masyarakat lainnya.
Selain itu, tempat singgah di Kecamatan Aruta juga akan terus dikembangkan untuk tempat menginap wisatawan . “Tempat wisata sudah ada, begitu juga fasilitas penunjang, agar para wisatawan betah itu juga harus disediakan . Termasuk masyarakatnya juga ikut membangun perumahan yang bisa disewakan dengan segala fasilitasnya. Secara tidak langsung, ini sudah memberi efek yang baik bagi masyarakat,” jelasnya.
Bupati Kobar menambahkan  fasilitas penunjang transfortasi juga mulai dipikirkan oleh Pemkab Kobar, yakni dengan mempersiapkan bus. Bus pariwisata tersebut rencananya untuk melayani wisatawan yang akan ke berbagai tempat wisata di Kobar.
“Kalau di Aruta itu, selain ada budayanya, pemandanganya juga bagus. Seperti ada bukit yang pemandangannya indah, serta wisata alam lainnya yang harus dikunjungi. Termasuk arus sungai dan jeramnya menantang. Hal itu bisa menjadi alternatif  untuk pencinta alam. (Sumber Radar Sampit, 29 Juli 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar