Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Rabu, 19 Desember 2012

PDAM Akan Tambah Kapasitas

Untuk memenuhi kebutuhan air yang terus bertambah, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Pangkalan Bun akan menambah kapasitas pasokan air 50 liter per detik. Penambahan tersebut sebagai tindak lanjut kekurangan pasokan selama ini. Air hasil pengolahan dengan kapasitas 50 liter per detik tersebut akan disalurkan ke pelanggan di Kota Pangkalan Bun.
“Semua itu kita lakukan guna meningkatkan pelayanan pada tahun 2015 nanti sesuai dengan Millenium Development Goal’s (MDG’s), di mana 80 persen penduduk perkotaan harus terlayani air bersih dan mendapat akses air bersih. Kalau bisa, semuanya dapat terlayani dengan baik.
Namun untuk di Pangkalan Bun sendiri sebagian warga masih menggunakan air sumur dan itu adalah hal yang wajar,” kata Direktur Utama  (Dirut) PDAM Pangkalan Bun Agus Andi belum lama ini.
Dirinya menambahkan, target MDG’s 2015 itu tidak lama lagi, dan ini merupakan tantangan perusahaan.
“Apalagi seluruh pegawai PDAM telah bekerja semuanya, kami rasa tantangan itu akan mudah kita hadapi. Kita juga berharap bantuan dan saran dari dewan pengawas, sehingga tidak sampai 2015, mungkin 2014 target-target tersebut telah tercapai,” ujarnya.
Mengenai niat mereka menambah kapasitas tersebut pihak PDAM sudah mengajukan ke Pemerintah Daerah (Pemkab) melalui dinas terkait Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk penambahan kapasitas sejak 2011 lalu. Rencana mereka tersebut mendapat respon positif dari pihak Pemkab Kobar pihak PDAM berharap agar penambahan kapasitas sebanyak 50 liter per detik tersebut bisa terealisasikan sesuai dengan perencanaannya. “Kami sudah mengajukan hal ini pada 2011 lalu. Niat kami ini disambut baik oleh pihak DPU,” tungkasnya.
Ia memberikan, saat ini pihak PDAM memiliki kapasitas sebesar 135 liter per detik untuk se-Kobar. Sedangkan untuk di Kota Pangkalan Bun membutuhkan 100 liter per detik. Adapun lokasi untuk pembangunan seluruh pipa tersebut masih di sekitar ruang lingkup mesin PDAM saat ini. (Sumber Radar Sampit, 12 Desember 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar