Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Rabu, 19 Desember 2012

Genjot Pariwisata melalui Travel Agent

Minimnya informasi tentang kawasan wisata di Kotawaringin Barat disinyalir menjadi salah satu penyebab kurangnya gairah di dunia pariwisata. Padahal, dari segi aksesibilitas, Kotawaringin Barat memiliki keunggulan dibandingkan dengan Kabupaten lain.
Kobar memiliki transfortasi laut dan udara yang sudah terkoneksi ke beberapa kota, seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Solo, dan Yogyakarta. Untuk menggenjot pembangunan di bidang pariwisata. Kementrian Pariwisata dan Ekomomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Pemkab Kobar mengandeng beberapa travel agent yang ada di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, serta travel agent di Kobar.
Di tengah ketatnya persaingan dunia pariwisata saat ini, para pemangku kepentingan perlu menjalankan strategi perlu menjalankan strategi dalam pengembangannya.
Pengembangan pariwisata yang saat ini sedang dijalankan adalah Workshop dan Business Metting untuk menjalin kerjasama antara biro perjalanan di Kobar dengan biro perjalanan di luar Kobar.
Kasubdit Promosi Wil III Kalimatan Sulawesi, Direktorat Promosi Dalam Negeri, Trindiana Tikupasang, mengatakan bahwa pengembangan pariwisata harus didukung oleh semua pihak, termasuk melibatkan bloger untuk berkunjung secara langsung ke Taman Nasional Tanjng Putting (TNTP) yakni tempat wisata andalan di Kotawaringin Barat yang juga telah ditetapkan sebagai cagar biosfer.
Kali ini, lanjut Trindiana, dengan acara ini diharapkan para pemilik biro perjalanan atau travel agent dari berbagai daerah dapat menggali informasi sebanyak-bayaknya tentang pariwisata di Kobar, sehingga kelak ada sinergi antara travel agent di Kobar maupun di daerah lainnya di Jawa.
“Kegiatan ini juga sebagai ajang promosi, khususnya Taman Nasional Tanjung Putting, walaupun secara tingkat kunjungan sudah lumayan khususnya pariwisata asing, tetapi untuk wisatawan domestik atau lokal masih rendah,” ungkapnya. Dengan adanya kegiatan ini, harapannya dapat memperluas informasi kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke Kobar.
Sekedar diketahui, Warkop dan Busisness Metting ini diikuti oleh beberapa travel agent dari Jawa dan berbagai media lokal maupun nasional untuk mendongkrak pariwisata di Kobar agar lebih dikenal lagi.
Kepala Balai Taman Nasional Tanjung Putting Suwignyo pada kesempatan ini juga memaparkan rencana pengembangan TNTP ke depan. Selain menjual potensi wisata, yakni Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang, dan Kawasan Senggora dan TNTP “Mudah-mudahan Pemda Kobar juga sejalan dengan konsep ini,” harapnya. (Sumber Radar Sampit, 09 November 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar