Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Rabu, 19 Desember 2012

IPAT-BO Tingkatkan Hasil Panen Padi

Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi tuan rumah workshop peningkatan produksi pangan dengan teknologi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT-BO). Event nasional itu juga dihadiri anggota DPR RI.
Bupati Kobar H Ujang Iskandar menyampaikan workshop ini diharapkan dapat menjawab tantangan budidaya padi di Kotawaringin Barat. Inovasi teknologi ini sangat penting sebagai usaha peningkatan produktifitas padi. Untuk itu kepada para penyuluh pertanian dan para kelompok tani dapat menghadapi ini dan menyebarluaskan kepada petani lainnya di daerahnya masing-masing.
“Hal ini saya sampaikan betapa pentingnya para penyuluh dalam peningkatan produksi padi. Penyuluhan sebagai agen transfer teknologi dan ujung tombak dilapangan sudah seharusnya cepat tanggap dalam mengadopsi teknologi baru,” ungkap Bupati, kemarin (12/12).
Ditambahkannya petani harus selalu meningkatkan kemampuannya dalam mengelola lahan garapannya. Dengan begitu diharapkan petani bisa melakukan inovasi dan upaya menciptakan diverifikasi pangan serta mempertahankan komoditas pangan lokal. “Harapan saya kegiatan yang diprakarsai Kementrian Riset dan Teknologi maupun UNDAP tidak berhenti disini, tapi dapat ditindaklanjuti dengan penerapan teknologi ini di Kobar melalui Demplot maupun Demfram disertai pendampingan dan pengawalan secara intensif,” ungkap Bupati.
Sekedar diketahui IPAT-BO adalah sistem produksi holistic dan terencana dengan menitikberatkan pemanfaatan kekuatan biologis tanah (pabrik pupuk alami), tanaman input lokal untuk memulihkan kesehatan lahan dan melipatgandakan hasil padi. Karena dengan teknologi ini petani akan hemat air, hemat bibit, hemat pupuk organik, hemat pestisida dan pertumbuhan serta hasil panen berlipat ganda.
Acara workshop yang juga dihadiri anggota DPR RI, Didik Salmidjardi, serta para kelompok tani se-Kobar ini sekaligus membagikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa Hanstraktor yang diserahkan secara simbolis. (Sumber Radar Sampit, 13 Desember 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar