Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Rabu, 16 Oktober 2013

Tingkatkan Partisipasi UMKM di Kobar Expo 2013

Ajang Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Expo 2013 diharapkan mampu menjadi tempat munculnya berbagai produk unggulan terutama hasil karya usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selain dituntut  berinovasi, usaha ini diharapkan juga dapat mendorong pertumbuhan ekomoni Kobar.
Karena itu dalam perannya, Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kobar juga ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut dan pihaknya terus mempromosikan dan memasarkan sejumlah produk unggulan dari industri kecil yang ada di Kobar.
Kepala Disperindag Kobar, Jahotler Lumban Goal mengatakan, pihaknya tidak mau ketinggalan untuk ikut memamerkan produk unggulan daerah, Yakni ikut mendorong pelaku UMKM Kobar agar berpartisipasi dalam Kobar Expo 2013. Menurutnya produk yang dipamerkan tentu berbeda dengan yang lain dalam hal ini pelaku UMKM dituntut untuk berinovasi agar baranag dangangannya diminati oleh banyak orang.
Untuk Disperindag sendiri memamerkan produk lokal , yaitu beragam hasil olahan rotan berupa kursi, meja, tudung saji dan hasil kerajinan lainnya. Kami sengaja memilih produk buatan rotan lantaran hal ini yang dibuat sendiri oleh pengrajin dari Kobar dan bahannya dari Kobar. Kedepan kami mengharapkan kantor-kantor Satuan Perangkat Daerah (SKPD) bisa menggunakan produk olahan rotan untuk mendorong pengrajin agar lebih eksis lagi,” ujarnya.
Jaholter menilai, furniture dari rotan tidak kalah hebatnya dari yang terbuat dari busa atau lain sebagainya. Tinggal dikreasikan rotan sebenarnya lebih elegan dan bagus digunakan untuk keseharian.
“Selama ini pengrajin sudah mengkreasikan produk olahan rotan agar bisa dipergunakan untuk segala aspek . Namun banyak barang yang dihasilkan berupa furniture,” ujarnya.
Selain menampilkan furniture dari rotan dikatakanya, Disperindag juga ikut memamerkan beberapa kerajinan tangan berupa cobek yang terbuat dari kayu ulin. Benda ini  juga banyak diminati  oleh masyarakat sehingga dalam pameran  kali ini tidak bakal disia-siakan begitu saja.
Disamping Dinas lainnya seperti Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kobar juga ikut memamerkan hasil pertanian di Kobar. Banyak hasil pertanian berupa beras lokal yang terkenal lebih wangi dan jagung yang dapat diolah setengah jadi , yakni berupa tepung . Begitu juga dinas dan badan dilingkup Pemkab Kobar juga banyak memamerkan hasil kreasi produk unggulan masing-masing. (Sumber Radar Sampit, 14 Oktober 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar