Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Sabtu, 12 Oktober 2013

Paling Sulit Mencari Foto Pangkalan Bun Tempo Dulu

Kabupaten Kotawaringin Barat akan memperingati Hari ulang Tahun (HUT) ke-54 tanggal 3 Oktober 2013 mendatang, berbagai pihak menyiapkan acara untuk menyemarakkan agenda tahunan tersebut, salah satunya Citra Kecubung Photografi Club.
Koordinator pameran foto Cristian Ribut mengatakan pameran foto mengambil tema “54 Tahun Kobar Dalam Foto”. Foto yang dipamerkan nanti juga berkaitan selama perjalanan Kabupaten Kobar dari dulu hingga sekarang.



“Pameran foto rencananya nanti akan digelar selama tiga hari di Pangkalan Bun Park (PP) itu persiapannya sudah 75 persen. Kegiatan pameran foto ini bersifat umum , diamana masyarakat Kobar bisa berpartisipasi untuk mengikutkan hasil jepretan fotonya dalam pameran,” kata pria yang akrab disapa Ribut ini.
Dikatakan Ribut, foto lama juga bisa diikutkan, termasuk foto yang berkaitan dengan kebudayaan, pembangunan, dan pariwisata.
Sejauh ini, partisipasi dari masyarakat dan para pencinta fotografi di Kobar sangat bagus, Banyak pihak yang mengirimkan foto, namun panitia bakal melakukan seleksi tentang foto yang masuk kreteria untuk dipamerkan. “Sejauh ini sudah banyak foto yang sudah masuk ke panitia. Saking banyaknya tentu harus dilakukan seleksi,” tukas pria pecinta fotografi ini.




Upacara di halaman Istana Kuning


Kebanyakan foto-foto yang sudah modern. Sedangkan foto-foto judul justru masih minim. Namun pihaknya berupaya mencari foto-foto zaman dulu, sehingga bisa melengkapi pameran yakni terdapat foto lama yang mengambarkan suasana dulu sebelum seperti sekarang. Tentunya bagi masyarakat asli Kobar tentu menjadi nostalgia Kota Pangkalan Bun tempo dulu.
“Untuk mendapatkan foto-foto zaman dulu memang susah tapi kami terus berupaya mencari tahu siapa yang punya foto zaman dahulu bahkan kami dari panitia datang ke sejumlah ahli waris para pendiri Kabupaten Kobar. Dimana disitu ada yang menyimpan foto lama dan dengan segala usaha sejumlah foto lama sudah banyak terkumpul,” ujarnya. Jumlah foto jadul yang terkumpul baru 30 foto. Tapi untuk mendapatkan itu semua butuh waktu dan meyakinkan banyak orang.
“Paling tidak pameran yang kami gelar nanti bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi banyak orang, Mohon hadiri dan sukseskan bersama-sama,” pungkasnya. (Sumber Radar Sampit, 21 September 2013)

1 komentar: