Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Sabtu, 12 Oktober 2013

Pawai Nasi Adab, Tradisi Setiap HUT Kobar

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan hari jadi Kabupaten Kotawaringin Barat selalu diwarnai dengan pawai nasi adab. Tradisi masyarakat lokal ini juga disemarakan oleh masyarakat setempat dan pendatang kemarin.
Pawai nasi adab dimulai didepan rumah jabatan Wakil Bupati Kobar, Jalan Pangeran Antasari sekitar pukul 10.00 Wib dan berlangsung sampai pukul 14.00 Wib. Event ini dibuka langsung oleh Bupati Kobar Ujang Iskandar dan Wakil Bupati Kobar Bambang Purwanto itu diikuti unsur FKPD Kobar, organisasi masyarakat, profesional, mahasiswa, pelajar dan masyarakat. Sepanjang jalan yang dilalui konvoi nasi adab dipenuhi massa.
Sejumlah atraksi mewarnai pawai nasi adab. Misalnya Paguyupan Pasundan menampilkan Sisingaan dengan menaikkan Bupati dan Wakil Bupati Kobar untuk ikut diarak. Bupati Kobar pun mengapresiasi paguyupan asal Jawa Barat itu.
“Saya cukup senang dengan diselenggarakannya pawai nasi adab ini merupakan ciri khas setiap HUT Kabupaten Kobar. Banyak pertunjukan luar biasa dan menghiasi mobil dengan berbagai kesenian untuk mengarak nasi adab. Ini sungguh luar biasa banyak peserta yang mengikuti kegiatan ini. Tahun ini lebih meriah dari tahun lalu,” kata Bupati Kobar.
Sebagai pimpinan daerah Bupati mengharapkan pawai nasi adab menjadi event besar yang dapat menyedot perhatian wisatawan, apalagi perayaan ini hanya setahun sekali. “Biasanya pawai nasi adab hanya diikuti lintas sektoral , tapi kini sudah berbeda dan sekarang lebih semarak dan banyak menonjolkan ke khasan Kobar. Ini patut dikembangkan dan kedepannya bisa lebih baik lagi,” ujarnya.
Pawai nasi adab sendiri dipusatkan di Balai Sembaga Mas yang merupakan cikal bakal Kabupaten Kotawaringin Barat. Saat di Sembaga Mas digelar acara seremonial untuk menghormati para pendiri Kabupaten Kotawaringin Barat. Pawai Nasi Adab merupakan pawai keliling yang membawa nasi tumpeng berwarna kuning yang bahannya berasal dari beras ketan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati HUT Kabupaten Kobar. (Sumber Radar Sampit, 06 Oktober 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar