Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Sabtu, 12 Oktober 2013

Siapkan Festival Maruba dan Pasar Rakyat

Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabuupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Oktober nanti, sejumlah agenda kegiatan sudah dipersiapkan Pemkab Kobar. Selain apel peringatan, pada tanggal 7-12 rencananya akan digelar festival budaya Maruba atau Marunting Batu Aji dan pasar rakyat. Dua kegiatan ini akan dilaksanakan di Pangkalan Bun Park.
“Satu tempat dua kegiatan. Nanti pengunjung pasar rakyat dapat sekaligus menyaksikan berbagai pertunjukan tradisional seperti tari-tarian dan permainan ketangkasan khas daerah Kobar dalam festival,” beber Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kobar Abdul Wahab kemarin (11/9).
Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag)  Kobar, persiapan telah dilakukan seperti pembenahan lokasi Pangkalan Bun Park (PBP) dan meyosialisasikan kepada Kecamatan, Kelurahan dan desa-desa untuk ikut ambil bagian.
Dalam pasar rakyat nanti akan disediakan stand yang akan menyediakan berbagai macam olahan masyarakat Kobar, mulai dari Kuliner hingga kerajinan tradisional. Ajang Festival Maruba merupakan ajang untuk mengenalkan dan melestarikan berbagai kekayaan adat dan budaya khas Kobar kepada masyarakat. “Peserta Festival Maruba ini kita siapkan untuk ikut dalam festival isen mulang di Palangka Raya,” ujar Wahab. Menurutnya dengan digelarnya even tersebut juga untuk memanfaatkan PBP dengan kegiatan positif. (Sumber Radar Sampit, 12 September 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar