Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Selasa, 18 Mei 2010

Jadwal Kampanye Dan Debat Publik Telah Ditetapkan


Jadwal kampanye calon Bupati / Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) sudah selesai dibuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan telah mendapat persetujuan dari tim kampanye.
“Kami telah menyusun jadwal kampanye untuk kedua pasangan calon di enam kecamatan di Kobar yang dimulai pada 19 Mei hingga 1 Juni mendatang,” kata Ketua KPU Oscar Viyarisa usai melakukan pembicaraan dengan tim kampanye kedua calon Bupati di kantor KPU kemarin.
Pada hari pertama masa kampanye, yaitu 19 April, kedua pasangan akan menyampaikan visi, misi serta program masing-masing kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam rapat Paripurna.
Setelah itu, pada 20 Mei, KPU menjadwalkan untuk mengadakan kampanye damai bagi kedua pasang kandidat. Berdasarkan kesepakatan pada rapat itu, kampanye damai dua kandidat akan dilakukan dengan melakukan arak-arakan keliling kota secara bersama-sama.
Untuk menghindari penyusupan serta membedakan pendukung masing-masing calon, maka dalam rapat itu disepakati kendaraan yang akan dipakai masing-masing tim sukses harus ditempel nomor urut masing-masing pasangan. Disepakati pula peserta arak-arakan maksimal hanya boleh membawa 30 mobil untuk memudahkan pengawasan. Sedangkan untuk kendaraan roda dua KPU mengatakan tidak ada batasan jumlah.
“Yang perlu diingat setiap kampanye yang terdapat unsur mengumpulkan orang banyak harus mendapat surat ijin Kepolisian. Ini penting untuk menghindari hal-hal yang dapat mengacu kerusuhan,” kata Anggota KPU Kobar Tonny Pandiangan.
Untuk debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati, menurut Tonny akan di Aula Anta Kusuma. Jadwal debat publik sudah pula ditentukan. “Sesuai peraturan yang berlaku, debat publik calon peserta pemilu kada diadakan lima kali,” tegasnya.
Untuk Debat Bupati dilakukan tiga kali, yaitu pada 22, 26 dan 30 Mei. Sedangkan debat Wakil Bupati akan diadakan pada 24 dan 28 Mei. Dalam debat ini akan dipandu seorang MC dan tiga panelis yang ditunjuk oleh KPU Kobar. Debat tersebut bersifat terbuka, bisa disaksikan langsung oleh masyarakat.
(Sumber Borneonews, 22/04/10).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar