Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Selasa, 18 Mei 2010

2010 TNTP Targetkan 4.165 Pengunjung

Balai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) menargetkan tingkat kunjungan tahun 2010 sebesar 4.165 pengunjung baik dari wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara dan lokal.

Kepala Balai TNTP Gunung M. Sinaga menyatakan optimis target kunjungan tersebut bisa tercapai. Catatan Balai TNTP, angka kunjungan hingga April 2010 sudah mencapai 1.248 wisatawan.

“Dengan melihat pergerakan angka kunjungan, kami optimis target kunjungan tahun ini bisa tercapai. Terlebih lagi nanti akan datang rombongan wisata Sail Indonesia,” ucapnya.

Terkait rencana penyambutan kedatangan rombongan Sail Indonesia 2010, Gunung menyatakan TNTP tidak membuat persiapan khusus penyambutan karena sudah menjadi kunjungan rutin.

“Yang terus kami lakukan adalah memelihara, menjaga serta mengembangkan kawasan taman nasional agar tetap menjadi referensi kunjungan wisata dunia,” kata Gunung.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kobar I Nengah Parsa, menuturkan sektor pariwisata akan terus digenjot peningkatannya oleh Pemkab Kobar mengingat sektor ini sangat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan pemerintah daerah.

Nengah menuturkan, seperti tahun-tahun sebelumnya rombongan wisatawan dari berbagai negara yang tergabung dalam Sail Indonesia 2010 akan singgah ke Pangkalan Bun sebelum bertolak TNTP. Sail Indonesia merupakan agenda rutin setiap tahun, dan Kobar menjadi salah satu tujuannya.

“Bupati Kobar sendiri sudah menjadi anggota paguyuban Sail Indonesia. Seluruh Bupati yang mempunyai tempat wisata yang bakal dikunjungi Sail Indonesia tergabung dalam paguyuban tersebut,” jelas Nengah.

Nengah berharap kedatangan wisatawan Sail Indonesia 2010 pada September mendatang menjadi momentum bagi masyarakat untuk memperlihatkan segala potensi yang dimiliki Kobar.

“Kedatangan mereka harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mempromosikan seluruh potensi wisata yang ada di Kobar,” harap Nengah. (Sumber: Radar Sampit, 12 Mei 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar