Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Kamis, 01 April 2010

Sejarah Singkat Masjid Kiayi Gede Kec. Kotawaringin Lama


Ajaran Islam masuk wilayah Nusantara dengan meninggalkan jejak - jejaknya yang jelas. salah satunya adalah masjid kiai Gede di Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Masjid yang berukuran 16 x 16 meter atau 256 meter persegi ini dibangun pada tahun 1632 Miladiyah atau atau tahun 1052 Hijriyah, tapatnya pada masa pemerintahan sultan Mustainbillah (1650-1678M),raja keempat dari kesultanan Banjarmasin.

Nama Kiai Gede untuk masjid ini diambil dari nama seorang ulama yang telah berjasa besar dalam menyebarkan ajaran Islam di Pulau Kalimantan, khususnya di wilayah kotawaringin. Ulama tersebut adalah Kiai Gede, seorang ulama asal jawa yang diutus oleh kesultanan Demak untuk menyebarkan ajaran Islam di Pulau Kalimantan. Oleh sang sultan, kiai gede kemudian ditugaskan menyebarkan Islam di Kotawaringin, Sekaligus membawa misi untuk merintis kesultanan baru di wilayah ini.

Berkat jasa - jasa yang besar dalam menyebarkan Islam dan membangun wilayah Kotawarngin, Sultan Mustainubikllah kemudian menganugerahi jabatan kepada kiai Gede sebagai Adipati di Kotawaringin dengan Pangkat patih Hamengkubumi dan gelar Adipati Gede Ing Kotawaringin. namun hadiah yang kelak bukan sekedar sebagai tempat beribadah, melainkan juga sebagai pusat kegiatan - kegiatan kemasyarakatan
bagi kiai Gede dan para pengikutnya.

Saat ini, Masjid Kiai Gede yang sudah berumur ratusan tahun tersebut masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Hal ini disebabkan oleh keseriusan masyarakat kotwaringin barat dalam merawat dan memfungsikan masjid yang dianggap menjadi tonggak sejarah perkembangan Islam di wilayah ini. bagi masayrakat kotawaringin barat, Masjid kiai gede tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja tetapi juga sebagai pusat kegiatan - kegiatan sosial kemasyarakatan, sebagaimana kiai Gede dan para pengikutnya memfungsikan masjid ini di masa lalu.


Oke wal … demikian singkatnya, walau sebenarnya hasil repost hehehe ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar