Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Jumat, 02 April 2010

MTQ Ke - 14 Kotawaringin Barat




MTQ ke-41 Diikuti 367 Kafilah
Pangkalan Bun – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten di Kecamatan Arut Selatan (Arsel), resmi dibuka Bupati Kobar, H. Ujang Iskandar di lapangan Sampuraga, Sabtu (3/4) malam. Prosesi pembukaan MTQ tersebut berlangsung meriah yang dihadiri seluruh pejabat daerah, tokoh masyarakat Kobar serta ribuan warga kota Pangkalan Bun. Suasana pembukaan berjalan lancar, yang didukung oleh suasana cuaca yang cukup cerah.
Ketua Panitia MTQ ke-41 H. Mudelan mengatakan MTQ kali ini melibatkan 367 kafilah dari enam kecamatan. Rinciannya dari Kecamatan Arut Selatan selaku tuan rumah 82 kafilah, Kotawaringin Lama 54 Kafilah, Pangkalan Lada 78 kafilah, Pangkalan Banteng 59 kafilah serta dari kecamatan Kumai sebanyak 56 kafilah.
Adapun bidang yang menjadi materi perlombaan meliputi tartil quran, tahfizh, tilawah, tafsir quran, fahmil quran, khatil quran dan seni qasidah rebana dan kolaborasi. Dana pelaksanaan MTQ ke-41 tersebut berasal dari APBD Kobar, ditambah dengan sumbangan perusahaan-perusahaan swasta yang ada di Kobar serta swadaya masyarakat yang ada di arsel.
Sementara Bupati Kobar Ujang Iskandar mengatakan acara tersebut hendaknya jangan dijadikan sekadar perlombaan membaca alquran semata. “Lebih dari itu adalah proses memahami dan mengamalkan isi dan makna alquran secara mendalam disetiap kehidupan,” jelas Ujang dalam sambutan.
Bupati juga menghimbau para tokoh agama dan tokoh masyarakat saling bekerjasama dalam menjalin kebersamaan dan persatuan antar sesama umat Islam dan antar sesama manusia. Menurutnya dengan usaha seperti ini maka suasana kondusif di Kobar akan terus dipertahankan dalam setiap kondisi.
Sebagai pertanda dibukanya acara MTQ ke-40 tersebut, Bupati mendapat kesempatan untuk menekan tombol sirene, kemudian dimeriahkan dengan tarian masal, dan pelepasan balon ke udara. (Sumber: Radar Sampit, 5 April 2010)

1 komentar: