Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

Islamic Calendar

Islamic Widget

Selasa, 01 November 2011

Koperasi Bugam Raya Terima Bantuan Kapal



Rabu, 02 November 2011 09:57
KOTAWARINGIN BARAT--BN: DINAS Kelautan dan Perikanan (DKP) Kobar dalam waktu de­kat akan menerima satu unit ka­pal berkapasitas 30 gross ton (GT) dari Kementerian Kelaut­an dan Perikanan. Kelompok yang beruntung menerima ka­pal tersebut ialah Koperasi Bu­gam Karya... “Kapal itu akan diberikan kepada Koperasi Bugam Karya di Desa Teluk Bogam karena di tempat itu terdapat SPDN (solar packed dealer nelayan),” terang Kepala Bidang Perikanan Tangkap Ru­dolf Dita, kemarin.
Bantuan kapal 30 GT sehar­ga Rp1,5 miliar itu lengkap de­ngan alat tangkap ikan, na­vi­gasi, alat keselamatan dan kea­manan pelayaran serta tempat pendingin ikan. “Kapal itu diperkirakan kami terima Bulan Desember.”
Menurut Rudolf, di sam­ping terdapat SPDN, Koperasi Bu­gam Karya dinilai sebagai ko­perasi mandiri dan kuat da­lam manajemen administrasi mau­pun keuangan.
“Untuk ka­pal berkapasitas 30 GT, sekali melaut diperlukan biaya Rp10 juta hingga Rp15 juta. Oleh sebab itu, penerima harus mempunyai dasar keuang­an yang ku­at,” ungkap Rudolf kepada Borneonews.
Meski begitu, kapal seharga Rp1,5 miliar ini harus dipimpin oleh seorang kapten yang memi­liki sertifikasi Surat Kecakapan Ke­pelautan (SKK) 60 mil. Yang menjadi masalah, Kobar baru me­miliki satu kapten kapal yang mempunyai SKK 60 mil, yaitu kapten dari kapal Inka Mina yang merupakan kapal 30 GT bantuan tahun sebelum­nya.
Tetapi Rudolf meyakini, Ko­perasi Bugam Karya telah me­nyiapkan seorang kapten. “Pertengahan November ini ada pertemuan antara DKP Provinsi dan penerima bantuan. Penerima bantuan harus menunjukkan syarat-syarat termasuk kapten kapal bersertifikasi SKK 60 mil.”
Saat ini, DKP Kobar sedang berbenah menyiapkan diri sebagai kawasan minapolitan. Hingga akhir Oktober, DKP Kobar melalui dana APBD telah memberikan bantuan enam kapal berkapasitas 1 GT, satu kapal 15 GT berserta alat tangkapnya dan 12 kelotok bagi nelayan Kobar. (CR-26/B-4)
http://www.borneonews.co.id/news/kotawaringin-barat/12-kobar/16824-koperasi-bugam-raya-terima-bantuan-kapal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar